Front-end dan Back-end

Dalam arsitektur perangkat lunak, front-end adalah bagian dari sistem perangkat lunak yang berhubungan langsung dengan pengguna, dan back-end terdiri dari komponen-komponen yang memproses keluaran dari front-end. Pemisahan sistem perangkat lunak ke dalam “front-end” dan “back-end” adalah abstraksi yang melayani untuk menjaga bagian-bagian sistem yang terpisah.

Banyak program secara konsep terbagi ke dalam front-end dan back-end, tapi dalam kebanyakan kasus, back-end merupakan bagian dari perangkat lunak yang tersembunyi dari si pengguna. Bagaimanapun program-program ditulis untuk melayani sesederhana mungkin seperti front-end seperti Graphical User Interface (GUI) yang dibangun di atas Command Line Interface. (Sutarman, 2003)

Adapun aplikasi pengaturan database front-end yang cukup dikenal saat ini yaitu PHPmyAdmin. Aplikasi ini merupakan aplikasi web yang dapat mengatur database server MySQL dan dibuat dengan bahasa pemrograman PHP. Langkah-langkah penggunaan aplikasi ini yaitu, pertama-tama kita harus mengaktifkan server webnya dalam hal ini apache dan juga tentunya database servernya yaitu MySQL. 

Keunggulan aplikasi ini yaitu, aplikasi ini dapat berjalan dalam jaringan, karena sifatnya yang berbasis web sehingga tidak sulit untuk mengaksesnya pada jaringan. Kelemahannya yaitu kecepatan pengaksesan aplikasi ini bergantung pada kecepatan transfer data pada jaringan.

Comments