Kendala Dalam Perencanaan SDM

Standar kemampuan SDM 
Standar kemampuan SDM yang pasti belum ada, akibatnya informasi kemampuan SDM hanya berdasarkan ramalan-ramalan (prediksi) saja yang sifatnya subjektif. Hal ini menjadi kendala yang serius dalam perencanaan SDM untuk menghitung potensi SDM secara pasti. 

Manusia (SDM) Mahluk Hidup 
Manusia sebagai mahluk hidup tidak dapat dikuasai sepenuhnya seperti mesin. hat ini menjadi kendala perencanaan SDM karena itu sulit memperhitungkan segala sesuatunya dalam rencana. Misalnya, ia mampu tapi kurang mau melepaskan kemampuannya. 

Situasi Sumber Daya Manusia 
Persediaan, mutu, dan penyebaran penduduk yang kurang mendukung kebutuhan SDM perusahaan. Hal ini menjadi kendala proses perencanaan SDM yang baik dan benar. 

Kebijaksanaan Perburuhan Pemerintah 
Kebijaksanaan perburuhan pemerintah seperti kompensasi, jenis kelamin, dan kendala lain dalam perencanaan SDM untuk membuat rencana yang tepat. Masalah-masaiah SDM terus meningkat khususnya berkenaan dengan supply tenaga kerja terampil, yang memiliki kemampuan adaptasi mernadai, dan mampu menghadapi kerancuan-kerancuan yang ada (ambiguitas). Kritisnya peran SDM tidak disertai dengan sifat kepastian tenaga kerja. Justru sebaliknya terdapat peningkatan ketidakpastian tenaga kerja yang dihadapi organisasi. Organisasi tidak dapat menentukan secara pasti hal-hal yang berkenaan dengan supply tenaga kerja antara lain : 
  • Bagaimana menarik, mempertahankan, dan memotifasi SDM yang semakin beragam. 
  • Bagaimana cara mendapatkan individu yang memiliki keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan yang tepat. 
  • Bagaimana mengarahkan SDM yang ada agar dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif baik secara domestik maupun internasional.

Comments