Penempatan Tenaga Kerja SDM

Penempatan Tenaga Kerja SDM - Penempatan karyawan adalah tindak lanjut dari seleksi, yaitu menempatkan calon karyawan yang diterima (lulus seleksi) pada jabatan pekerjaan yang membutuhkannya dan sekaligus mendelegasikan wewenang kepada orang tersebut. 

Dengan demikian, calon karyawan itu akan dapat mengerjahan tugas-tugasnya pada jabatan bersangkutan. Informasi analisis pekerjaan digunakan untuk menempatkan para tenaga kerja pada pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan keterampilannya agar mereka bekerja secara efektif. Prinsip penempatan yang tepat harus dilaksanakan secara konsekuen supaya karyawan dapat bekerja sesuai dengan keahliannya. 

Dengan penempatan yang tepat, gairah kerja, mental kerja, dan prestasi kerja akan mencapai hasil yang optimal, bahkan kreatifitas karyawan dapat berkembang. Penempatan yang tepat merupakan motivasi yang menimbulkan antusias dan moral kerja yang tinggi bagi karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Jadi, penempatan karyawan yang tepat merupakan salah satu kunci untuk memperoleh prestasi kerja optimal dari setiap karyawan selain moral kerja, kreativitas, dan prakarsanya juga akan berkembang. 

Jika ternyata kemudian bahwa tenaga kerja baru itu dipekerjakan pada satuan kerja yang tidak seperti dipersyaratkan pada wak-tu direkrut, sangat mungkin tenaga kerja baru itu akan bosan atau bahkan tidak bertahan lama dalam organisasi. Jika hal tersebut terjadi berarti waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan untuk merekrutnya merupakan pemborosan yang sulit dipertanggungjawabkan.

Comments