Perencanaan SDM Jangka Menengah

Perencanaan sumber daya manusia jangka menengah membutuhkan lebih banyak perhatian teknis, karena tingkat ketidakpastian yang dihadapi perusahaan makin tinggi. Perencanaan jangka menengah meliputi beberapa hal yaitu : 

1. Peramalan permintaan dan penawaran jangka menengah 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan peramalan permintaan SDM adalah:
a. Model penentuan faktor-faktor yang akan mempengaruhi permintaan. 
b. Kemampuan memprediksi keadaan yang akan terjadi disekitar perusahaan. Peramalan penawaran dapat berasal dari sumber infonnasi internal maupun eksternal meskipun umumnya sumber internal lebih banyak tersedia. 

2. Menentukan tujuan jangka menengah 
Setelah memperkirakan permintaan dan penawaran sumber daya manusia maka ditentukan tujuan jangka menengah dan dikembangkan rencana tindakan untuk mencapai tujuan, melalui usaha bersama antara perencana sumber daya manusia dengan manajer lain yang relevan dalam organisasi. 

3. Program jangka menengah 
Program ini dapat berupa pelatihan keterampilan dasar bagi karyawan baru, pendidikan lanjutan untuk karyawan yang sudah ada, pelatihan bahasa, magang, dan kemitraan dengan sekolah puhlik. Karena lingkup program lebih luas maka unit analisis yang tepat untuk evaluasi biasa berupa tingkat produktivitas dari seluruh departemen atau unit bisnis.

Comments