Perencanaan SDM Jangka Panjang

Perencanaan SDM Jangka Panjang - Salah satu bentuk perencanaan jangka panjang dalam hal ini adalah succession planning. Succession planning adalah perencanaan yang dibuat oleh perusahaan untuk mengisi posisi-posisi eksekutif yang paling penting. Menurut Barney dan Wright (Anatan dan Ellitan, 2007 : 148) Aktifitas inti dalam succession planning adalah "mengidentifikasikan kompetensi yang dibutuhkan dan menyediakan pengalaman belajar untuk mengernbangkan kompetensi". 

Beberapa program yang dikembangkan meliputi prasedur seleksi, rencana pengembangan, rnentorship, performance review secara teratur dan sistematis, dan perencanaan karir yang melibatkan karyawan untuk merencanakan dan mengawasi perkembangan diri mereka sendiri. 

Dalam hal seleksi, kandidat karyawan dapat berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Kandidat internal mampu menjamin kelangsungan dari organisasi dan memori institusional. Mereka dapat membantu pengambilan keputusan dan tindakan dengan baik karena telah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari karyawan dan mempercepat implementasi dengan mempekerjakan jaringan informal. Sedangkan kandidat dari luar diharapkan mampu menyediakan pikiran baru dan menyegarkan kembali kultur perusahaan. 

Untuk dapat menghasilkan individu yang mampu memikul posisi kepemimpinan maka perusahaan harus dapat menetapkan kompetensi yang dicari secara jetas, bersikap transparan dalam proses seleksi, menyediakan kesempatan pengembangan dan mekanisme untuk mengakses tugas-tugas, menyediakan petunjuk dan umpan balik yang dibutuhkan, dan menyesuaikan struktur reward.

Comments