Pengertian Administrasi dari beberapa sarjana

Pengertian Administrasi dari beberapa sarjana:
a. Luther Gulik : Administration has to do with getting things done, with the accomplishment of defined objectives. (Administrasi bertalian dengan pelaksanaan penyelesaian pekerjaan untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan).

b.  Jhon M. Pfiffner : Administrasi dapat didefinisikan sebgai pengorganisasian dan pengarahan sumber-sumber tenaga kerja dan materi untuk mencapai tujuan akhir yang dikehendaki.

c. Leonard D. White : Administrasi adalah proses umum dari semua usaha manusia, baik public atau privat, sipil atau militer, besar atau kecil.

d. Wiliam H. Newman : Administrasi adalah membimbing, memimpin dan mengontrol usaha-usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

e. Dwight Waldo : Administrasi adalah bentuk daya upaya manusia yang kooperativ, yang mempunyai tingkat rationalitate yang tinggi.

f. Prof. S.P. Siagian : Administrasi adalah keseluruhan proses kerja sama dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas yang telaj ditentukan.

Dari definisi – definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Administrasi adalah suatu pengaturan kerja sama, dari kegiatan sekelompok orang, untuk mencapai tujuan tertentu dengan tingkat rationalitate yang tinggi. 

Hakekat Administrasi berdasarkan definisi-definisi tersebut diatas adalah:
1)      Adanya tujuan tertentu;
2)      Adanya sekelompok orang;
3)      Adanya kerjasama;
4)      Adanya pembagian tugas;
5)      Dilakukan secara rationalitas;
6)      Adanya pelayanan yang baik;
7)      Adanya komunikasi yang baik;
8)      Adanya pengurusan/ Pengelolaan yang baik.