Contoh Definisi Operasional

Definisi Operasional 

Berdasarkan judul yang ditetapkan sebagai topik pembahasan, maka dapat di defenisikan dalam variable-variabel sebagai berikut : 

a. Pelayanan administrasi yang di maksud dalam penelitian ini yakni pemenuhan kebutuhan bagi setiap warga atau masyarakat mengenai persoalan administratif yang disediakan oleh penyelenggara yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen resmi. Seperti masyarakat ingin membuat akta pernikahan, akte kelahiran, ijin mendirikan bangunan dan sebagainya. 

b. Administrasi pertanahan yang di maksud dalam penelitian ini yakni pelayanan terhadap penerimaan kegiatan sektor publik untuk mendukung kepemilikan, pembangunan, penggunaan, hak atas tanah dan pemindahan hak atas tanah, terdapat juga aspek penting didalamnya seperti pendaftaran akta dan hak. 

c. Kecamatan yang dimaksud dalam penelitian ini yakni wilayah administratif yang berada di bawah Kabupaten atau Kota yang terdiri atas desa-desa atau kelurahan-kelurahan, dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor BPN, kelurahan atau desa dan Masyarakat dalam pelayanan administrasi pertanahan. 

d. Ketepatan waktu pelayanan dalam indikator penilitian ini adalah diharuskan efektif dan efisien sehingga masyarakat memperoleh pelayanan yang maksimal dan memuaskan. 

e. Transparasi di dalam indikator dimaksudkan adalah setiap pelayanan yang akan diberikan pihak kantor kecamatan wajib diinformasikan dan disosialisasikan. 

f. Akurasi pelayanan adalah ketepatan dalam bentuk memberikan layanan. 

g. Kemudahan mendapatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus mencakup seluruh lapisan masyarakat dan mengutamakan kepuasan pelayanan. 

h. Keamanan dan kenyamanan, setiap masyarakat ingin memperoleh haknya dengan mendapat pengakuan terhadap tanah yang dimilikinya sehingga masyarakat mengetahui adanya indikator ini diterapkan.

Comments