Pengertian Sistem Menurut Ahli

Sistem menurut JOG[2] adalah “suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan  untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”.
Dalam suatu perusahaan diperlukan suatu kerja sama antar bidang yang ada. Hal ini berguna agar tujuan dari perusahaan bisa tercapai dan terwujud. Kerja sama yang baik harus didukung dengan sistem yang baik. Sistem juga memiliki jenis-jenis yang beraneka ragam, sebelum membahas mengenai jenis-jenis sistem maka penyusun menjabarkan pengertian sistem menurut beberapa ahli, sebagai berikut :

1.      Menurut Ludwig Von Bertalfyy
“Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan”
2.      Menurut Dr. Richardus Eko Indrajit
“Sistem adalah kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan yang lainnya”
3.      Menurut L. Ackof
“Sistem adalah setiap kesatuan, secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lain”
Dari ketiga definisi sistem diatas maka  dapat disimpulkan  bahwa sistem adalah kumpulan dari bagian-bagian atau elemen-elemen yang saling berinteraksi dan berelasi  untuk membentuk satu kesatuan yang saling terkait dalam mencapai satu tujuan tertentu.

Comments