Pengertian Kerangka Kerja Strategis

Pengertian Kerangka Kerja Strategis - Banyak model dan kerangka kerja strategis yang mengarahkan proses rancangan strategis. Dalam makalah ini menjelaskan kerangka kerja yang diberi nama Proses Perubahan Perilaku (Process Of Behavior Change / PBC) PBC adalah kerangka kerja yang telah berhasil digunakan dalam bidang komunikasi kesehatan selama bertahun-tahun. 

Kerangka kerja PBC mengakui bahwa perubahan perilaku berikut komunikasi yang dimaksudkan untuk mempegaruhi perubahan perilaku merupakan suatu proses. Masyarakat biasanya bertindak mengacu pada beberapa langkah lanjutan dalam proses perubahan perilaku, seperti dialog antar pasangan mengenai kesehatan reproduksi. 

Lebih jauh lagi, kerangka kerja ini menyatakan bahwa masyarakat pada tahap yang berbeda akan membentuk khalayak sasaran yang berbeda pula. Dengan demikian, mereka biasanya membutuhkan pesan-pesan yang berbeda, terkadang juga pendekatan yang berbeda, baik saluran, antarpribadi, saluran masyarakat, atau media massa. 

Secara umum, khalayak umum dijelaskan sebagai berikut: 

a. Belum tahu : tidak sadar akan adanya masalah atau resiko pribadi bagi mereka 

b. Tahu : sadar akan adanya masalah, dan mengetahui perilaku yang diinginkan 

c. Setuju : setuju dengan perilaku yang diinginkan 

d. Berminat : bermaksud secara pribadi melakukan tindakan yang diinginkan 

e. Praktik : melakukan perilaku yang diinginkan 

f. Mengadvokasi: mempraktikan perilaku yang diinginkan sekaligus memberitahukannya kepada orang lain 

Adalah penting memahami posisi khalayak sasaran dalam hubungannya dengan elemem-elemen tersebut sebelum suatu strategi. Kemajuan dari satu elemen berikutnya meningkatkan kemungkinan perubahan perilaku dan berkesinambungan. 

Kebijakan public dan strategi komunikasi mempengaruhi perubahan individu dan masyarakat, membangun norma-norma masyarakat yang baru dan setelah beberapa waktu akan mendukung kebijakan dan program yang lebih kuat dan efektif. PBC ini juga bisa memainkan peran penting dalam menciptakan lingkungan yang memungkinkan untuk mendukung perilaku baru. Advokasi merupakan elemen kunci dalam proses ini, dan bisa menjaga perilaku yang diinginkan agar tetap bertahan. 

Kerangka kerja PBC bisa bekerja secara efektif dengan rancangan proyek yang komprehensif dan pendekatan pelaksanaan yang disebut Proses dan prinsip komunikasi kesehatan “P-Process”.

Comments