Simulasi Pemasangan Warnet

Simulasi Pemasangan dan Penyusunan IP / LAN pada Warnet - Kali ini saya akan mencoba bagaimana cara setting komputer beserta IP terhadap sebuah warnet. Warnet atau dengan kata lain Warung Internet sudah tidak jarang lagi kita dengan, bahkan anda pembaca budiman lagi di warnet sekarang ini. Namun terkadang banyak pertanyaan yang muncul bagaimana Setting IP pada Jaringan LAN yang ada pada warnet tersebut.

Sedikit akan kita jelaskan apa itu IP Local Area Network / LAN. IP atau alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasisTCP/IP.

Nah, cukup jelas pengertian diatas. Sekarang Perhatikan Gambar Berikut ini :
Simulasi Pemasangan dan Penyusunan IP LAN pada Warnet
Klik untuk Memperbesar

Keterangan :
  1. Selain kabel telepon diatas, panah tersebut adalah Kabel UTP
  2. Hubungan HUB dengan Client masih sebagian Client, tingal sobat lanjut ke Client yang belum terhubung
  3. Perhatikan deretan IP pada gambar, itu hanya gambaran sobat bisa ganti IP sesuai keinginan asal setiap Komputer IP-nya berbeda.

Kita ibaratkan Provider untuk koneksi internet warnet tersebut adalah Speedy, sehingga dengan demikian kabel telepon akan memasuki Modem, dan kemudian disambung Kabel UTP dengan Connector RJ45 ke HUB. setelah itu HUB akan membagi Jaringan terhadap setiap Client dengan IP yang sudah berbeda seperti Gambar diatas.

Demikian Simulasi pemasangan warnet atau jaringan LAN pada Warnet, Semoga membantu

Comments