Cara Mengubah / Mentranslate SubTitle .Srt

Arti Pengetahuan - Dalam sebuah Film ataupun lagu, biasanya memiliki Subtitle dibawah layar yang menjelaskan atau menuliskan tentang apa yang diungkapkan para peserta film tersebut. Namun terkadang kita susah untuk mentranslate bahasa mereka, apalagi bahasa yang tidak pernah kita dengan. Langkah tepat yang saya sarankan adalah untuk mentranslate bahasa tersebut menggunakan Google Translate atau aplikasi translate lainnya.

Caranya Cukup mudah dan pastikan anda memiliki file SubTitlenya yang biasanya FileType atau Extentionnya *.srt. Jika anda tidak memiliki file subtitle silahkan cari diblog tetangga karena sudah sangat banyak penyedia file tersebut. intinya pastikan anda memiliki file subtitle yang akan kita translate.

Dalam kasus ini, kita misalkan subtitle yang akan kita translate dari bahasa English ke Indonesia, Berikut langkanya

  1. Buka file subtitle (*.srt) yang akan di edit. Caranya klik kanan file subtitle nya, lalu pilih ‘ Open With > Notepad ‘ atau kalau gak ada ‘Edit With Notepad ‘
  2. Setelah subtitle nya terbuka, tekan CTRL +A (Select All), kemudian tekan CTRL+C (Copy).
  3. Buka Google Translate
  4. Paste hasil dari meng-copy tadi atau tekan CTRL+V (Paste) pada kotak yang disediakan Google Translate. 
  5. Tunggu beberapa saat lalu tekan ‘Translate ‘. Jika masih ada teks yang belum ter-translate, reload/refresh sampai semua teks berubah menjadi bahasa indonesia.
  6. Copy hasil dari translate tersebut ke notepad yang terbuka tadi. Tekan CTRL+A terlebih dahulu, baru kemudian tekan CTRL+V untuk mem-paste-nya. 
  7. Selanjutnya tekan CTRL+H untuk memunculkan jendela replace. Isi ‘Find What : ‘ dengan ‘->’ dan isi ‘ Replace With :’ dengan ‘–>’ lalu tekan ‘ Replace All ‘. 
  8. Jika sudah tekan CTRL+S (Save). 
Pendapat Lain : Pake software yang namanya Aegisub, Format videonya harus .mkv karena format itu bersifat open source untuk subtitlenya, Untuk cara editnya pilih File > Open Subtitle > pilih video tadi  kalo ngga mau translatenya per-Line, tinggal Save as hasil scanan video .mkv tadi terus ganti formatnya yang .ass dengan .txt. kalo udah tinggal nerjemahin ke google translate

Sekarang subtitle nya sudah berubah menjadi bahasa indonesia, walaupun terkadang ada yang ngaco, tapi lumayan kan, kita tahu inti dari ceritanya. Demikian Cara Mengubah / Mentranslate SubTitle .Srt, semoga membantu.

Comments