Pengertian Administrasi dari beberapa sarjana:
a. Luther Gulik : Administration
has to do with getting things done, with the accomplishment of defined
objectives. (Administrasi bertalian dengan pelaksanaan penyelesaian
pekerjaan untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan).
b. Jhon M. Pfiffner : Administrasi dapat didefinisikan sebgai
pengorganisasian dan pengarahan sumber-sumber tenaga kerja dan materi untuk
mencapai tujuan akhir yang dikehendaki.
c. Leonard D. White : Administrasi adalah proses umum dari semua
usaha manusia, baik public atau privat, sipil atau militer, besar atau kecil.
d. Wiliam H. Newman : Administrasi adalah membimbing, memimpin
dan mengontrol usaha-usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.
e. Dwight Waldo : Administrasi adalah bentuk daya upaya manusia yang
kooperativ, yang mempunyai tingkat rationalitate yang tinggi.
f. Prof. S.P. Siagian :
Administrasi adalah keseluruhan proses kerja sama dua orang atau lebih yang
didasarkan atas rasionalitas yang telaj ditentukan.
Dari definisi – definisi tersebut
dapat disimpulkan bahwa Administrasi adalah suatu pengaturan kerja sama, dari
kegiatan sekelompok orang, untuk mencapai tujuan tertentu dengan tingkat
rationalitate yang tinggi.
Hakekat Administrasi berdasarkan definisi-definisi
tersebut diatas adalah:
1) Adanya tujuan tertentu;
2) Adanya sekelompok orang;
3) Adanya kerjasama;
4) Adanya pembagian tugas;
5) Dilakukan secara rationalitas;
6) Adanya pelayanan yang baik;
7) Adanya komunikasi yang baik;
8) Adanya pengurusan/ Pengelolaan yang baik.