Pengertian jenis dan asas komunikasi kantor
Dalam pegertianya yang umum komunikasi adalah penyampaian warta yang mengandung macam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain. Alam komunikasi itu sekaligus tercangkup penyalinan secara cermat gagasan dari seseorang kedalam pikiran orang lain sehingga tercapai pengetian yang di tentukan atau menimbulkan tindakan-tindakan. Dalam garis basarnya komunikasi itu meliputu unsure-unsur sebagai berikut :
1) Pengirim warta (komunikator)
2) Warta, keterangan atau buah pikiran
3) Alat atau sarana untuk mencapai warta
4) Isyarat yang di pancarkan oleh alat yang bersangkutan.
5) Penerima warta (comunicatee).
a) Komunikasi intern.
Sebagian besar kegiatan kantor tata usaha dalam suatu organisasi terdiri dari mengadakan hubungan-hubungan dalam lingkungan sendiri disebut komunikasi intern.
Komunikasi dapat di bedakan dalam 2 macam :
1) Hubungan tegak (vertical)
2) Hubungan datar (horizontal)
Menurut Charley broaded pada umumnya perintah lisan hanya baik di pergunakan apabila :
1. Tugas sederhana.
2. Pernah di jalankan.
3. Dalam waktu yang singkat.
4. Kekeliruan tidak mempunyai akibat besar.
5. Dalam keadaan darurat.
Menurut Broaded pula hal-hal yang mengharuskan suatu perintah tertulis apabila :
- Tugas yang di perintah kan akan berlangsung satu bagian ke bagian lain.
- Bersifat ruet dan terperinci.
- Perintah di kerjakan di tempat lain.
- Berulang-ulang gagal melaksanakan perintah yang diberikan.
- Kekeliruan mempunyai akibat besar.
b) Menurut hasil-hasil penelaahan dari linguistic modern dewasa ini, ternyata bahasa mempunyai sifat dasar sebagai berikut :
1. Semua bahasa merupakan system-sistem persepakatan manusia dan bukan system-sistem dari kaedah kealaman.
2. Setiap bahasa bersifat khas dalam lafal, tata bahasa, dan kosa katanya.
3. Semua bahasa bersifat dinamis dan perubahannya adalah wajar.
4. Ketepatan hanya dapat didasarkan pada kelaziman dari cara pemakaian dan semua cara pemakaian bersifat relative.
Comments
Post a Comment