Duncan Shaw, John S. Edwards, Brad Baker and Paul M. Collier, mengemukakan ada beberapa
hal yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi untuk menjadikan knowledge sebagai bagian perusahaan, sebagai
berikut;
Project
1: Contingency Planning –ensuring knowledge and skills of people
Bagian ini merupakan langkah awal untuk mendokumentasikan semua informasi baik
tacit maupun implicit kedalam
sebuah sistem. Tujuan utama dari tahap ini adalah agar
semua informasi yang ada dalam diri
masing-masing individu dapat menjadi
knowledge perusahaan, apabila yang bersangkutan tidak lagi bekerja di organisasi yang sama. Media yang paling baik
untuk tahap ini adalah sharing knowledge secara berkala. Lebih baik lagi jika setiap
setelah mengikuti sebuah pelatihan atau kegiatan sejenis di luar kantor,
karyawan yang bersangkutan membagi ilmunya
kepada karyawan lain yang belum berkesempatan.
Project 2: Retention strategy – focusing on staff retention
and preparing people for the future
Program
ini bersifat memberikan bekal pengetahuan yang cukup bagi karyawan
melalui berbagai pelatihan dan proses pembelajaran.
Project
3: Build an open and supportive environment to encourage teamwork
Untuk
menumbuhkan
semangat berbagi ilmu, perlu ditanamkan rasa kebersamaan antar semua individu.
Berbagai
cara bisa ditempuh,
seperti
kegiatan
outbond,
membuat media online seperti
mailing list atau media online lain atau media
offline regular seperti newsletter
atau bulletin.
Project 4: Implement continuous improvement – focusing on using staff knowledge to
improve our processes
Pada tahap ini, organisasi sudah membentuk staf atau divisi khusus yang tugasnya membangun KM dan melakukan program pengembangan KM secara lebih menyeluruh.
Project 5: Enhance everyone’s
knowledgeof each other’s roles and impact on
the organization dan Project 6: Create a sense that we
all belong to the same
organization
Sebuah organisasi yang baik selain harus
bisa meningkat pengetahuan individu
yang ada didalamnya, juga harus mampu
menanamkan persepsi bahwa pengetahuan setiap
individu sangat dibutuhkan dan berpengaruh pada jalannya
organisasi. Dari
sana diharapkan akan muncul perasaan memiliki terhadap organisasi yang akhirnya menumbuhkan
komitmen
untuk bekerja sebaik-baiknya.
Project
7: Make better use of existing
software
Pada tahap ini penggunaan software
dan aplikasi mulai dilakukan, Informasi yang
kemudian menjadi knowledge sudah disimpan dengan lebih rapih melalu
penggunaan teknologi.