Pengertian Knowledge Management dan Knowledge Workers

Pengertian Knowledge Management dan Knowledge Workers 

M enurut  Turban  (2007,  p 451),  knowledge  management  dap at  diartikan sebagai  suatu  p roses  untuk  mengidentifikasi,  memilih,  men gor ganisasikan,  dan meny ebarkan   informasi  p enting  d an   keah lian   y ang  merup akan   bagian   dari p erusahaan dalam b entuk terstruktur. 
Debowski  (2006,  p 16)  mendefinisikan  knowledge  management  sebagai p roses identifikasi, menan gk ap , men gor ganisir, dan meny ebarkan asset intelektual y ang kritis untuk p erforma jan gka p anjan g or ganisasi.
Ichijo dan  Nonaka (2007, p 288) menjelaskan b ahwa manajemen strategis dari knowledge assets harus berfokus p ada p encip taan dan p eny ebaran knowledge. Knowledge management terdiri dari emp at aktivitas utama, y aitu creating, sharing, protecting, d an discarding. Creating : p erusahaan seharusny a menjadi knowledge- creating,   mencoba   untuk   men ghasilk an   knowledge  b aru   den gan   leb ih   baik dibandin g komp etitor.  Sharing: setelah  berhasil mencip takan  knowledge baru  di p erusahaan, knowledge tersebut harus dibagikan kep ada semua an ggota p erusahaan lintas  daerah,  bisnis,  dan  fun gsi.  Protecting: knowledge asset p erusahaan  h arus dijaga  dar i  tangan  p esaing.  Discarding:  p erusahaan  p erlu  untuk  merefleksikan ap akah knowledge-ny a sudah kad aluwarsa. Dalam beber ap a kasus, mun gkin p erlu untuk membuan g knowledge y ang ada dan memp romosikan p encip taan knowledge baru. Hal in i dikar enakan tanp a membuan g knowledge y ang lama, p encip taan dari knowledge baru sulit untuk diinisiasikan.




Debowski (2006, p 17) mendefinisikan knowledge workers sebagai p ekerja y ang    men ghabiskan    sebagian    besar    dari    waktuny a    untuk    mencip takan, men gap likasikan, atau meny amp aikan knowledge.