Teori Perusahaan, mengakui meksimisasi nilai yang diharapkan bukan maksimisasi laba jangka pendek. Sasaran meksimisasi nilai yang diharapak sekarang dipandang sebagai tujuan utama bisnis dalam model ekonomi tentang perilaku perusahaan.
Maksimisasi nilai yang diharapkan, penekanan para maksimisasi laba yang mencakup ketidakpastian dan dimensi waktu.
Mendefinisikan Nilai
Nilai Perusahaan
Sebagai nilai sekranag dari arus kas bersih perusahaan yang diharapkan di masa mendatang
Konsep penting dalam ekonomi manajerial adalah bahwa keputusan manajerial di keseluruhan perusahaan harus dianalisis dalam bentuk pengaruh keputusan tsb terhadap berbagai faktor penentu nilai yang diekspresikan dalam persamaan 1 dan 2.
Nilai Sekarang
Adalah nilai laba masa mendatang yang diharapkan , yang didiskonto kembali ke saat ini dengan suku bunga yang sesuai
Batasan dan Teori Perusahaan
Kebanyakan keputusan manajerial dibuat berdasarkan batasan yang dikenakan oleh teknologi, kelangkaan sumber daya, kewajiban kontrak dan batasan-batasan pemerintah. Untuk mengambil keputusan yang memaksimumkan nilai, para manajer harus mempertimbangkan baik implikasi jangka pendek maupun jangka panjang serta bagaiimana berbagai batasan eksternal tsb mempengaruhi kemampuan mereka untuk mencapai tujuan organisasi.
Tiga kategori batasan perusahaan adalah :
batasan sumber daya
contoh :
- tenaga terlatih
- bahan mentah
- mesin
- ruang gudang
batasan jumlah jumlah atau mutu keluaran
contoh :
- tingkat keluaran minimum ttt harus diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pengiriman
- persyaratan gizi untuk untuk campuran makanan
- persyaratan keandalan untuk produk-produk elektronik
- persyaratan untuk tingkat pelayanan ttt
batasan hukum
contoh :
- upah minimum
- standar kesehatan dan keamanan
- standar emisi polusi
- persyaratan efisiensi bahan bakar
- praktek penetapan harga yang wajar
Pembatasan Teori Perusahaan
Apakah model ekonomi dari perusahaan ini benar-benar cukup sebagai dasar studi kita tentang pengambilan keputusan manajerial ?
Jawabannya adalah ‘YA”, alasannya :
a. riset telah memperlihatkan bahwa persaingan kuat pada umumnya, baik dalam pasar produk maupun pasar modal (u/ memperoleh modal) memaksa para manajer untuk mengusahakan maksimisasi nilai dalam keputusan-keputusan mereka.
b. Para manajer harus mempertimbangkan baik biaya maupun keuntungan dari setiap tindakan sebelum mereka dapat membuat keputusan yang beralasan
c. Model maksimisasi nilai memberikan pendalaman untuk kegiatan-kegiatan tanggung-jawab sosial suka rela perusahaan, walaupun jika dilihat sekilas, tampaknya model ini menyingkirkan kemungkinan tsb.
Comments
Post a Comment