Tujuan Manajemen Kompensasi
Secara umum, untuk membantu perusahaan mencapai tujuan keberhasilan strategi perusahaan dan menjamin terciptanya:
• keadilan internal: mensyaratkan bahwa pembayaran dikaitkan dengan nilai relatif sebuah pekerjaan, sehingga pekerjaan yang sama dibayar dengan bayaran yang sama
• keadilan eksternal: berarti pembayaran terhadap pekerja dapat dibandingkan dengan perusahaan lain di pasar kerja
Tujuan Manajemen Kompensasi Efektif:
a. Memperoleh SDM yang berkualitas
b. Mempertahankan karyawan yang ada
c. Menjamin keadilan
d. Penghargaan terhadap perilaku yang diinginkan à pembayaran hendaknya memperkuat perilaku yang diinginkan dan bertindak sebagai insentif untuk perbaikan perilaku di masa depan, rencana kompensasi efektif, menghargai kinerja, ketaatan, pengalaman, tanggung jawab, dan perilaku-perilaku lainnya
e. Mengendalikan biaya
sistem kompensasi yang rasional membantu perusahaan memperoleh dan mempertahankan para karyawan dengan biaya yang beralasan. Tanpa manajemen kompensasi yang efektif, bisa jadi pekerja dibayar di bawah atau di atas standar
f. Mengikuti aturan hukum
sistem gaji dan upah yang sehat mempertimbangkan faktor-faktor legal yang dikeluarkan pemerintah dan menjamin pemenuhan kebutuhan karyawan
g. Memfasilitasi pengertian
sistem manajemen kompensasi hendaknya mudah dipahami oleh spesialis SDM, manajer operasi, dan para karyawan
h. Meningkatkan efisiensi administrasi
Comments
Post a Comment