Pendekatan Segmentasi
Menurut Kasali (2001, p47), terdapat dua pendekatan dalam melakukan segmentasi yaitu :
1. Pendekatan segmentasi a-priori
Segmentasi yang dilakukan sebelum suatu produk/jasa/ide/kampanye diluncurkan kepada pasar. Dengan cara a-priori para profesional menunjukkan siapa sasaran pasarnya, beberapa usianya, berapa penghasilannya per bulan, dimana kelas sosialnya, dimana mereka dapat dijangkau, dan tentu saja bagaimana perilaku mereka.
2. Pendekatan segmentasi post-hoc
Segmentasi yang dilakukan setelah suatu produk/jasa/ide/kampanye dijalankan. Setelah konsumen datang, data dikumpulkan, diolah dan Anda meminta agar data itu berbicara siapa mereka, siapa konsumen Anda.
Dasar-Dasar Segmentasi
Menurut Kotler (2002, p300), variabel segmentasi utama terdiri dari segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
1. Segmentasi Geografis.
Membagi pasar menjadi unit – unit geografis yang berbeda seperti negara bagian, propinsi, termasuk kepadatan penduduk, iklim dan sebagainya.
2. Segmentasi Demografis
Membagi kelompok-kelompok berdasarkan usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, pendidikan, kewarganegaraan dan kelas sosial.
3. Segmentasi Psikografis
Membagi berdasarkan gaya hidup atau kepribadian atau dianut dari barang yang mereka konsumsi menunjukkan gaya hidup mereka.
4. Segmentasi Perilaku
Pembeli dibagi menjadi kelompok – kelompok berdasarkan pengetahuan sikap, pemakaian, tanggapan mereka terhadap suatu produk.
Menurut Kasali (2001, p47), terdapat dua pendekatan dalam melakukan segmentasi yaitu :
1. Pendekatan segmentasi a-priori
Segmentasi yang dilakukan sebelum suatu produk/jasa/ide/kampanye diluncurkan kepada pasar. Dengan cara a-priori para profesional menunjukkan siapa sasaran pasarnya, beberapa usianya, berapa penghasilannya per bulan, dimana kelas sosialnya, dimana mereka dapat dijangkau, dan tentu saja bagaimana perilaku mereka.
2. Pendekatan segmentasi post-hoc
Segmentasi yang dilakukan setelah suatu produk/jasa/ide/kampanye dijalankan. Setelah konsumen datang, data dikumpulkan, diolah dan Anda meminta agar data itu berbicara siapa mereka, siapa konsumen Anda.
Dasar-Dasar Segmentasi
Menurut Kotler (2002, p300), variabel segmentasi utama terdiri dari segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.
1. Segmentasi Geografis.
Membagi pasar menjadi unit – unit geografis yang berbeda seperti negara bagian, propinsi, termasuk kepadatan penduduk, iklim dan sebagainya.
2. Segmentasi Demografis
Membagi kelompok-kelompok berdasarkan usia, jenis kelamin, ukuran keluarga, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, pendidikan, kewarganegaraan dan kelas sosial.
3. Segmentasi Psikografis
Membagi berdasarkan gaya hidup atau kepribadian atau dianut dari barang yang mereka konsumsi menunjukkan gaya hidup mereka.
4. Segmentasi Perilaku
Pembeli dibagi menjadi kelompok – kelompok berdasarkan pengetahuan sikap, pemakaian, tanggapan mereka terhadap suatu produk.
Comments
Post a Comment