Birokrasi sebagai Perilaku Non-Sektariam Perseorangan

Birokrasi sebagai Perilaku Non-Sektariam Perseorangan - Representasi dari lembaga negara, terutama yang tidak eksklusif seperti birokrasi negara, adalah sebagian 'tidak responsif' dalam berbagai wacana politik, dan tidak pernah positif. Dengan demikian, tak henti-hentinya tuntutan 'modernisasi' dan 'penciptaan kembali' biro negara dibuat atas nama pendukung pemerintahan demokratis yang ditingkatkan, didasarkan pada keyakinan bahwa birokrasi harus lebih 'responsif' dengan keinginan penguasa politik dan kepada orang-orang yang mereka layani. Namun, peran yang diberikan kepada biro negara di berbagai kebijakan telah sengaja dirancang untuk mengisolasi pejabat dari proses pemilihan, sehingga melembagakan ' Ketidak responsifan '. 

Perilaku birokrasi non-sektarian perseorangan, melawan begitu banyak kritik yang telah mencerca, dapat dilihat sebagai prestasi etik dan politik positif ketimbang sebaliknya. Max Weber salah satu ilmuwan diantara yang paling awal dan paling fasih untuk menarik pada perhatian disiplin etika dan perilaku jabatan birokrasi. Lebih dari ini, Weber (1978) menunjukkan bagaimana pembangunan 'buffer' Hobbesian antara manusia dan warga negara-antara, nilai-nilai sipil dan prinsip pribadi –tidak akan mungkin terjadi tanpa munculnya gaya hidup tertentu: biro dan birokrat. Hobbes tidak diragukan lagi benar bersikeras bahwa hukum sipil mendefinisikan hak dan kewajiban dari individual sebagai warga negara. Hukum sendiri, tidak cukup untuk melepaskan administrasi politik dari cita-cita dan loyalitas'pribadi'. Sebagaimana Weber tunjukkan, itu adalah biro yang muncul untuk melakukan tugas yang sulit ini. 

Menurut Weber (1978:. 958 ff) biro terdiri dari kondisi sosial dan budaya dari perilaku yang khas dan independen dari pribadi tersebut, yang pada dasarnya non-sektarian dalam karakter. Untuk Weber, ini menandai biro sebagai spesifik lebensordung atau tujuan hidup, dan mereka memberikan birokrat dengan bantalan etika khas dan status-perilaku. 

Bagi Weber, atribut etis dari birokrat baik –ketaatan pada prosedur, penerimaan bawahan dan atasan, semangat korps, pelepasan diri dari antusiasme moral pribadi, komitmen terhadap tujuan kantor-harus dilihat sebagai suatu prestasi moral yang positif yang membutuhkan penguasaan teknik etika dan rutinitas pasti – menyatakan salah satu kepentingan 'pribadi', mengembangkan hubungan profesional yang sesuai dengan satu kolega, mensubordinasi 'diri' dengan ketetapan pengambilan keputusan prosedural -melalui yang mana individu datang untuk memperoleh disposisi dan kemampuan untuk melakukan sendiri sesuai dengan etos kantor birokrasi. 

Sebagaimana Hobbes sadari, itu adalah tugas warga tidak membiarkan semangat spiritual mereka untuk mengalahkan sikap warga negara mereka; dan sebagaimana Weber menunjukkan, itu adalah kehormatan birokrat tidak mengizinkan komitmen 'pribadi' mereka untuk menentukan cara yang mana mereka melakukan tugas-tugas administrasi kantor mereka. Dan 'impersonality' ini adalah sumber dari banyak kebebasan. Weber, untukmisalnya, menggambarkan impersonality formalistic administrasi birokrasi-  kebutaannya mewariskan perbedaan dalam status dan prestise-dengan menghasilkan demokratis, efek penyama: norma dominan adalah konsep tugas langsung tanpa memperhatikan pertimbangan pribadi. Setiap orang dikenakan kesetaraan formal dari perlakuan '. 

Weber (1994: 330) menggambarkan etos kantor birokrasi sebagaimana membutuhkan pejabat untuk melakukan dirinya sendiri ‘sine ira et studio ', tanpa gairah atau prasangka. Dia melanjutkan untuk berdebat bahwa birokrat negara, tidak seperti politisi, tidak seharusnya dilihat sebagai, atau didorong untuk menjadi, hewan partisan partai politik. Tentu saja, tujan hidup pemerintahan di mana birokrat menemukan diri mereka adalah secara khas 'politis', dan tindakan birokrasi resmi bisa menghasilkan konsekuensi politik, tapi ini tidak berarti bahwa birokrat itu sendiri binatang partisan politik. Sebaliknya, etos yang mengatur perilaku pejabat membutuhkan mereka untuk menghindari 'pertempuran'.

Comments