Cara Penyebaran Informasi / Program Promosi

Cara Penyebaran Informasi / Program Promosi - Promosi merupakan aspek yang berhubungan dengan berbagai usaha untuk memberikan informasi pada pasar tentang produk/jasa yang dijual, tempat dan saatnya. Ada beberapa cara menyebarkan informasi, antara lain periklanan (advertising), Penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion) dan publisitas (publicity). 

a. Periklanan (Advertising) merupakan alat utama bagi pengusaha untuk mempengaruhikonsumennya. Periklanan ini dapat dilakukan oleh pengusaha lewat surat kabar, radio,majah, bioskop, televisi, ataupun dalam bentuk poster-poster yang dipasang dipinggir jalanatau tempat-tempat yang strategis. 

b. Penjualan Pribadi (Personal selling) merupakan kegiatan perusahaan untuk melakukan kontak langsung dengan calon konsumennya. Dengan kontak langsung ini diharapkan akanterjadi hubungan atau interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon konsumen yaitu. Yang termasuk dalam personal selling adalah door to door, selling, mail order, telephoneselling, dan direct selling. 

c. Promosi Penjualan (sales Promotion) merupakan kegiatan perusahaan untuk menjajakanproduk yang dipasarkannya sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan tertentu, maka produk tersebut akan menarik perhatian konsumen. 

d. Publsitas (Pubilicity) merupakan cara yang biasa digunakan juga oleh perusahaan untuk membentuk pengaruh secara tidak langsung kepada konsumen, agar mereka menjadi tahu,dan menyenangi produk yang dipasarkannya, hal ini berbeda dengan promosi, dimana didalam melakukan publisitas perusahaan tidak melakukan hal yang bersifat komersial. Publisitas merupakan suatu alat promosi yang mampu membentuk opini masyarakat secara tepat, sehingga sering disebut sebagai usaha untuk "mensosialisasikan" atau"memasyarakatkan ". 

Menurut Kotler (2003:33), mendifinikan “Promosi adalah komunikasi dari pesan-pesan perusahaan yang didesain untuk menstulasi terjadinya kesadaran (awareness), ketertarikan (interest) dan dengan tindakan pembelian (purchase) yang dilakukan oleh pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan”. 

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa promosi merupakan proses penyampaian pesan-pesan penting dari dari suatu produk dalam perusahaan untuk di ketahui masyarakat umum.

Comments