Perencanaan SDM Jangka Pendek

Perencanaan SDM Jangka Pendek - Manajemen puncak harus merumuskan dan mengkomunikasikan visi keseluruh manajer dan karyawan untuk memperjelas hubungan yang ada antara perencanaan sumber daya manusia dan perencanaan strategi bisnis. Seberapa perencanaan dan keputusan yang dilakukan dalam perencanaan SDM jangka pendek meliputi : 

1. Memperkirakan permintaan dan penawaran 
Dalam hal ini beberapa keputusan terkait dengan pertimbangan ketidaksesuaian antara demand (jumlah dan karakteristik baik kemampuan, tingkat pembayaran, maupun pengalaman orang yang memerlukan pekerjaan tertentu pada waktu dan tempat tertentu pula) dan supply (meliputi jumlah dan karakteristik dari orang-orang yang tersedia untuk pekerjaan tertentu), memprediksikan lowongan dan pertumbuhan kerja dengan memproyeksikan kecenderungan masa lalu ke masa yang akan datang, prediksi tentang berapa banyak dan tipe pekerjaan yang akan dieliminasi dan diciptakan dalam jangka pendek secara umum mengikuti rencana bisnis yang dikerjakan oleh manajer lini, mengetahui karakteristik dan keperluan bisnis. Pengetahuan ini hisa diperoleh dengan melakukan pertemuan bersama-sama manajer lini untuk mendiskusikannya. 

 2. Pembentukan tujuan perencanaan sumber daya manusia jangka pendek 
Tujuan perencanaan SDM jangka pendek meliputi peningkatan jumlah orang yang tertarik terhadap organisasi dan melamar pekerjaan, menarik pelamar dari bauran yang berbeda keahlian, memperbaiki batas pengkajian baru, meningkatkan lamanya waktu yang mengringinl:an pekerja untuk tinggal lebih lama dalam organisasi dan membantu pekerja yang ada dan baru untuk mengembangkan keahlian yang diperlukan organisasi. 

3. Mendesain dan mengimplementasikan program - program kerja jangka pendek yang meliputi: 
  • Recruiting, dalam program ini keahlian psikologis dipakai untuk mempengaruhi ukuran dan kualitas dari kelompok pelamar. 
  • Seleksi, dipakai untuk mengembangkan program hiring. 
  • Sistem penilaian (appraisal) kinerja yang mengidentifikasi kekurangan kinerja untuk diperbaiki dan kemampuan untuk dihargai. 
  • Program training yang mengembangkan keahlian untuk kepentingan yang akan datang. 
  • Sistem kompensasi didesain demi menarik karyawan baru, memotivasi orang untuk lebih berkinerja serta untuk mempertahankan karyawan. 
  • Evaluasi program jangka pendek sumber daya manusia 
Perencanaan SDM jangka pendek akan berjalan dengan baik jika didukung oleh kondisi perencanaan strategi dengan memperhatikan lingkungan eksternal dan internal dengan segala kompleksitasnya. Lingkungan eksternal memainkan peranan penting dimana perhatian SDM juga akan memperhatikan people¬related business, adanya perluasan dimana lini manajer mengidentifikasi isu-isu SDM sebagai sesuatu yang strategis, menempatkan mereka dalam perencanaan bisnis dan berusaha untuk mengembangkan program-program dengan berbagai cara.

Comments