ARRAY (LARIK) DAN RECORD

ARRAY 
Salah satu struktur data yang teramat penting adalah array atau larik. Array merupakan bagian dasar, yang disebut blok, guna keperluan pembentukan suatu struktur data lain yang lebih kompleks. Hampir setiap jenis struktur data kompleks dapat disajikan secara logik oleh array. Array/Larik adalah struktur data yang mengacu pada sebuah/sekumpulan elemen yang diakses melalui indeks dan merupakan tipe terstruktur yang mempunyai komponen jumlah yang tetap dan setiap komponen mempunyai tipe data yang sama. Posisi masing-masing komponen dalam larik dinyatakan sebagai nomor index. 

Kita dapat mendefinisikan array sebagai suatu himpunan hingga elemen, terurut dan homogen. Terurut, kita artikan bahwa elemen tersebut dapat diidentifikasi sebagai elemen pertama, elemen kedua, dan seterusnya sampai elemen ke-n. Sedangkan pengertian elemen yang homogen adalah bahwa setiap elemen dari sebuah array tertentu haruslah mempunyai tipe data yang sama. Jadi suatu array dapat mempunyai elemen semuanya berupa integer atau dapat pula seluruhnya berupa untai aksara atau string Bahkan dapat pula terjadi bahwa suatu array mempunyai elemen berupa array pula. Sebenarnya, pengertian array telah banyak kita kenal, dan kita pelajari dalam matema¬tika. Di sana, array lebih terkenal sebagai matriks. Kadang-kadang ia disebut juga sebagai tabel. Juga pernah kita dengar tentang vektor. Vektor adalah bentuk yang paling sederhana dari array. Vektor merupakan array dimensi satu atau one dimensional array. 

RECORD 

Sebuah record merupakan koleksi satuan data yang heterogen, yakni terdiri dari berbagai type. Satuan data tersebut sering disebut sebagai field dari record. Field dipanggil dengan menggunakan namanya masing-masing. Suatu field dapat terdiri atas beberapa subfield. Sama halnya dengan larik, rekaman (record) adalah kumpulan data. Perbedaan antara larik dengan rekaman adalah bahwa dalam larik semua elemennya harus bertipe sama. 

Tetapi dalam rekaman setiap elemen bisa mempunyai tipe data yang berbeda satu sama lain. Pada record tersebut di atas, satuan data seperti NAMA BELAKANG ataupun KOTA merupakan tipe data string, sedangkan data lain seperti GAJI POKOK, TUNJANGAN JABATAN dan berbagai data yang akan diolah secara matematis akan disimpan dengan tipe data numerik, bisa integer maupun real. 

Data MENIKAH bisa digunakan tipe data boolean atau logikal. array berbeda dengan record, yakni array bersifat homogen (terdiri dari tipe data yang sama), dan komponen array tidak memiliki nama sendiri, dan hanya diberi identifikasi oleh posisi mereka di dalam array. Penggunaan keduanya di dalam program juga berbeda, jika penggunaan array pada umumnya akan disimpan di memori utama komputer (bersifat sementara), sedangkan record biasanya digunakan dalam filing yang akan disimpan di memori sekunder komputer, seperti hard disk, disket, dan lainnya. 

Sebuah record memberi informasi tentang berbagai kondisi dari obyek pada permasalahan yang nyata sehari-hari. Setiap field memberi uraian tentang satu atribut dari obyeknya. Sebuah record biasanya diberi identifikasi oleh key-nya. Key atau kunci adalah salah satu atau lebih field yang dipilih untuk tujuan penyampaian informasi yang terjadi di dalam record yang bersangkutan

Comments