Contoh Kesimpulan dan Saran Makalah AUDIO STEGANOGRAFI

Kesimpulan
Teknik steganografi dibandingkan dengan kriptografi memiliki keunggulan yaitu dengan steganografi keberadaan dari informasi yang disembunyikan tidak dapat dideteksi dengan mudah, dengan steganografi informasi disembunyikan sedemikian rupa sehingga menghilangkan kecurigaan. Sedangkan untuk kriptografi keberadaan dari informasi yang disembunyikan dengan jelas diketahui.

Dengan meluasnya teknologi digital, maka steganografi pun mulai diterapkan pada  file-file digital yang dikenal dengan sebutan  digital watermarking. Penerapannya pada  file-file gambar, audio, dan juga video. Biasanya digital watermarking mengeksploitasi kelemahan indera manusia baik pendengaran maupun penglihatan. Teknik yang paling awam digunakan adalah penggantian LSB (Least significant bit) dari suatu rangkaian data dengan informasi yang hendak disisipkan. Namun ukuran informasi yang dapat disisipkan tergantung dari besar carrier file.

Teknik steganografi dalam file multimedia dapat juga diterapkan dalam proses kompresi data. Dengan menggunakan format kompresi yang bersifat loosy (menghilangkan), data-data redundant yang seharusnya dihilangkan beberapa dapat diganti dengan informasi yang ingin disisipkan. Biasanya dalam proses kuantisasi data proses penyisispan informasi tersebut terjadi.

Penggunaan MP3Stego sebagai alat steganografi ternyata memiliki hasil yang cukup baik. Hal ini membuktikan bahwa audio steganografi dapat dilakukan Dengan adanya pengamanan enkripsi data menggunakan 3DES dan juga penyebaran data yang dilakukan secara acak mnggunakan prinsip SHA-1 yang mana keduanya telah diuji ketangguhannya. Pesan yang disimpan akan aman tidak dapat diakses oleh orang yang tidak memiliki kata rahasia yang dipakai. File mp3 dari hasil kompresi tidak dapat diperlakukan sama seperti file mp3 biasanya, seperti dipotong. Selain itu error handling dari program ini memadai sehingga program ini dapat digunakan dengan keamanan yang terjamin.

Teknik steganografi yang baik memiliki prinsip bahwa informasi tersebut dapat diakses oleh orang lain, sehingga dengan asumsi tersebut kerahasiaan dari imformasi tersebut akan dijaga contohnya menggunakan enkripsi. Teknik steganalysis hanya dapat mengetahui keberadaan steganografi saja dan belum dapat mengetahui isi dari informasi yang dirahasiakan bila digunakan enkripsi data.

Pengguanaan steganografi pada MP3 dapat dijadikan alternatif media menyampaikan pesan rahasia. Pertama karena sifat dari steganografi yang sulit dideteksi keberadaannya. Lalu sifat dari MP3 yang  ubiquitos  sehingga memungkinkan proses transfer tidak menimbulkan kecurigaan. Dengan kedua kelebihan tersebut maka steganografi MP3 merupakan alat yang baik untuk menyembunyikan pesan.

Saran
Steganografi menggunakan MP3 sungguh layak menjadi media penyimpanan informasi yang sifatnya rahasia. Karena keunggulan yang dimiliki menjadikan steganografi menggunakan MP3 salah satu yang terbaik dalam kerahasiaannya.
Untuk yang ingin mengembangkan lagi makalah ini masih terdapat beberapa hal yang dapat diperdalam. Proses penyisipan informasi dapat dipaparkan lebih dalam lagi untuk mendapatkan pengertian cara kerjanya. Kemudian dapat berpedoman pada software lainnya yang lebih canggih untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.