Definisi Knowledge Management

Definisi Knowledge Management
Saat ini informasi sudah menjadi bagian dari sebuah organisasi. Pengorganisasian data dan informasi yang baik, sistematis dan regular, akan membuat data dan informasi tersebut menjadi knowledge bagi perusahaan. Istilah knowledge management (KM) sendiri mulai marak digunakan sekitar tahun 1990an. Walaupun sebenarnya pemikiran mengenai manajemen pengetahuan telah berkembang pada tahun-tahun sebelumnya. Para pionir yang mengkajinya secara akademis diantaranya Peter Ducker di tahun 1970-an, kemudian Karl-Erik Sveiby di akhir 1980-an, serta Nonaka dan Takeuchi pada 1990an.

Menurut Boomer (2004, p22-23), KM   adalah suatu proses merangkul pengetahuan sebagai aset strategis agar dapat terus menerus memacu keuntungan bisnis dan mempertimbangkan pendekatan perusahaan untuk mengidentifikasi, menangkap,   mengevaluasi,   meningkatkan   dan   membagi   modal   intelektualnya Boomer juga merinci apa yang merupakan manajemen pengetahuan dan yang bukan merupakan manajemen pengetahuan dengan karakteristik sebagai berikut:
Merupakan manajemen pengetahuan:


    Sistem yang berfokus pada orang, proses, dan prosedur;

    Bertujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil yang maksimal dalam bisnis;

    Dalam periode jangka panjang, merupakan inisiatif yang berkelanjutan. Sementara yang bukan manajemen pengetahuan adalah sebagai berikut:
    Sistem yang berfokus pada teknologi;

    Teknologi tunggal atau teknik yang dapat memecahkan permasalahan;

    Sebuah perayaan.