Definisi Operasional Variabel

Definisi Operasional Variabel
Definisi operasional yang terdapat dalam penelitian ini adalah :
a.    Modal kerja adalah kelebihan aktiva lancar terhadap utang lancar (net working capital), yaitu jumlah aktiva lancar yang berasal dari pinjaman jangka panjang maupun dari para pemilik perusahaan.

b.    Modal kerja yang baik adalah modal kerja yang tersedia dalam perusahaan harus cukup jumlahnya dalam arti harus mampu membiayai pengeluaran-pengeluaran atau operasi perusahaan sehari-hari.

c.    Sumber modal kerja dinilai baik apabila dananya berasal dari hasil operasi perusahaan sedangkan sumber dana dari luar perusahan dinilai kurang baik karena dapat berakibat mengurangi laba.

d.   Penggunaan modal kerja dinilai baik apabila dana yang digunakan dapat mendatangkan keuntungan di masa yang akan datang bagi perusahaan. 

e.    Sumber modal kerja berasal dari dalam perusahaan itu sendiri maupun dari luar perusahaan. Modal kerja yang bersumber dari dalam perusahaan dapat diperoleh dari laba ditahan, penjualan aktiva tetap, keuntungan penjualan surat-surat berharga dan cadangan penyusutan. Sedangkan dari luar perusahaan diperoleh dalam bentuk utang.

f.     Penggunaan modal kerja akan mengakibatkan perubahan komposisi maupun penurunan jumlah aktiva lancar yang dimiliki oleh perusahaan. Penggunaan modal kerja dapat terlihat dari berkurangnya, modal sendiri karena kerugian maupun pengambilan privasi oleh pemilik perusahaan, pembayarn biaya atu ongkos – ongkos operasi perusahaan,  pembayaran utang-utang jangka panjang dan adanya penambahan atau pembelian aktiva tetap.

g.    Analisis Sumber dan penggunaan modal kerja adalah suatu analisis untuk mengetahui sumber -sumber serta penggunaan modal kerja atau untuk mengetahui sebab- sebab berubahnya modal kerja dalam periode tertentu pada PT. Mandom Indonesia Tbk, PT. Mustika Ratu Tbk dan PT. Unilever Indonesia Tbk.

Comments