Menjadikan Organisasi Knowledge

Duncan Shaw, John S. Edwards, Brad Baker and Paul M. Collier, mengemukakan ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi untuk menjadikan knowledge sebagai bagian perusahaan, sebagai berikut;


Project 1: Contingency Planning –ensuring knowledge and skills of people


Bagian ini merupakan langkah awal untuk mendokumentasikan semua informasi baik tacit maupun implicit kedalam sebuah sistem. Tujuan utama dari tahap ini adalah agar semua informasi yang ada dalam diri masing-masing individu dapat menjadi knowledge perusahaan, apabila yang bersangkutan tidak lagi bekerja di organisasi yang sama. Media yang paling baik untuk tahap ini adalah sharing knowledge secara berkala. Lebih baik lagi jika setiap setelah mengikuti sebuah pelatihan atau kegiatan sejenis di luar kantor, karyawan yang bersangkutan membagi ilmunya kepada karyawan lain yang belum berkesempatan.

Project 2: Retention strategy – focusing on staff retention and preparing people for the future

Program ini bersifat memberikan bekal pengetahuan yang cukup bagi karyawan melalui berbagai pelatihan dan proses pembelajaran.

Project 3: Build an open and supportive environment to encourage teamwork


Untuk menumbuhkan semangat berbagi ilmu, perlu ditanamkan rasa kebersamaan antar  semua  individu.  Berbagai  cara  bisa  ditempuh,  seperti  kegiatan  outbond, membuat media online seperti mailing list atau media online lain atau media offline regular seperti newsletter atau bulletin.

Project 4: Implement continuous improvement – focusing on using staff knowledge to improve our processes





Pada tahap ini, organisasi sudah membentuk staf atau divisi khusus yang tugasnya membangun KM dan melakukan program pengembangan KM secara lebih menyeluruh.

Project 5: Enhance everyone’s knowledgeof each other’s roles and impact on the organization dan Project 6: Create a sense that we all belong to the same organization

Sebuah organisasi yang baik selain harus bisa meningkat pengetahuan individu yang ada didalamnya, juga harus mampu menanamkan persepsi bahwa pengetahuan setiap individu sangat dibutuhkan dan berpengaruh pada jalannya organisasi.  Dari sana diharapkan akan muncul perasaan memiliki terhadap organisasi yang akhirnya menumbuhkan komitmen untuk bekerja sebaik-baiknya.

Project 7: Make better use of existing software


Pada tahap ini penggunaan software dan aplikasi mulai dilakukan, Informasi yang kemudian menjadi knowledge sudah disimpan dengan lebih rapih melalu penggunaan teknologi.