Definisi Data Mart

Data Mart 
Kebutuhan akan aplikasi komputer semakin nyata. Aplikasi accounting memberikan perhitungan yang tepat untuk mengatur keuangan perusahaan. Aplikasi inventory mengatur persediaan barang di gudang sehingga permintaan pelanggan dapat terpenuhi tepat waktu. Aplikasi human resources memastikan pegawai perusahaan menerima gaji mereka secara teratur. 

Persamaan dari aplikasi-aplikasi di atas adalah semuanya merupakan Tactical Applications yang membantu suatu perusahaan menjalankan bisnisnya dari hari ke hari. Bagaimanapun aplikasi-aplikasi tersebut tidak menjawab pertanyaan seperti "Bagaimana caranya agar bisnis perusahaan dapat meningkat ?" 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut dibutuhkan suatu Strategic Application yang melihat suatu bisnis perusahaan dari perspektif yang lebih luas. Aplikasi jenis ini mengumpulkan informasi mengenai bisnis suatu perusahaan dan membantu untuk  melakukan analisis sehingga dari hasil analisis tersebut dapat dihasilkan keputusan yang lebih baik. 

Definisi Data Mart 
Data Mart adalah sekumpulan informasi yang clisimpan di dalam basis data yang menunjang proses pengambilan keputusan perusahaan. Data di dalam Data Mart berasal dari Tactical Application tetapi memungkinkan juga untuk mengumpulkan data dari sumber lain. 

Keberadaan Data Mart memungkinkan data-data akan terpusat di suatu tempat. Ini membuat para pengambil keputusan hanya perlu pergi ke satu tempat untuk dapat mengakses segala data mengenai perusahaan yang dapat memberikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan. 

Perbedaan utama antara Data Mart dengan basis data adalah data di dalam Data Mart tidak dapat dilakukan proses update seperti di dalam basis data. Perbedaan lainnya adalah Data Mart merupakan Strategic Application sedangkan basis data lebih mengarah ke Tactical Application.

Comments