Konsep Administrasi Dalam Sebuah Organisasi

Konsep administrasi dalam sebuah organisasi sangat diperlukan untuk mendukung pencapaian tujuan tertentu. Administrasi merupakan suatu prsoses dalam rangka mencapai sasaran tersebut. Administrasi dalam suatu pelayanan publik lebih berkaitan dengan administrasi negara dimana konsep ini lebih mengacu pada tujuan pelayanan publik. Menurut Tjokroamidjojo administrasi negara adalah

Seluruh penyelenggaraan pemerintah negara dalam melaksanakan kekuasaan pemerintah dengan memanfaatkan segala kemampuan, segenap dana dan daya aparatur agar terlaksana tugas pemerintah demi tercapainya tujuan negara dan tujuan nasional.(Tjokroamidjojo dan Mustopadidjaya, 1996:158).        

Administrasi dalam pelaksanaannya membutuhkan sebuah proses yang lebih teratur demi menjamin ketertiban, kelancaran dan pencapaian tujuan. Proses administrasi ini lebih berkaitan dengan tugas pemerintah secara umum untuk dapat melaksanakan perannya dalam mencapai tujuan Negara. Hal ini juga dilakukan dalam rangka mencapai pembangunan negara. Zainun dalam bukunya Administrasi dan Manajemen Pemerintahan Negara Indonesia mengemukakan bahwa:
            Administrasi negara Indonesia merupakan keseluruhan proses penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintah dan pembangunan pada semua tingkat dan satuan organisasi pemerintah guna mewujudkan seluruh tujuan negara. Fungsi administrasi tersebut adalah fungsi perumusan dan penetapan kebijaksanaan umum, fungsi kepemimpinan, fungsi pengawasan, fungsi koordinasi.(Zainun,1996:36)
           
Makna dan fungsi administrasi pemerintahan ini menjadi kunci administrasi  dan manajemen yang akan ditempatkan pada setiap tingkat pemerintahan  yang ada dalam susunan pemerintahan agar pelaksanaan tugas pemerintahan tersebut dapat menjamin tujuan negara. Tujuan negara tersebut tidak terlepas dari proses administrasi dimana dalam proses administrasi dapat memberi pelayanan kepada masyarakat. Administrasi negara bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaiknya. Pelayanan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan tujuan negara.( Sutisnawidjaya, 2001:80) 

Comments