Laba Bisnis Peran Laba

Di banyak Negara, insentif laba bagi para manajer Dan pekerja telah mengarah pada peningkatan mutu produk Dan efisiensi biaya. Jadi, laba Dan motif laba memainkan peran kunci yang menjadi semakin penting dalam alokasi sumber daya ekonomi yang efisien di seluruh dunia. 

Laba Bisnis versus Laba Ekonomi 
Laba Bisnis 
Pendapatan penjualan dikurangi biaya eksplisit (akuntansi) dalam menjalankan bisnis 

Laba ekonomi 
Laba bisnis dikurangi biaya modal yang implicit Dan masukan lain yang disediakan pemilik Dan dipergunakan perusahaan 

Beberapa teori yang menerangkan tentang laba, yaitu : 
a. Teori Friksi dari Laba Ekonomi 
Teori ini menyatakan bahwa pasar seringkali tidak berada dalam ekuilibrium karena adanya perubahan yang tidak diantisipasi dalam permintaan produk atau kondisi biaya. 

Contoh : 
Timbulnya generasi baru dari perangkat lunak komputer yang mudah dipergunakan dapat mengarah pada peningkatan yang jelas dalam permintaan akan komputer mikro, yang menyebabkan laba para pabrik komputer mikro akan meningkat di atas tingkat normal untuk jangka waktu tertentu. 

b. Teori Monopoli dari Laba ekonomi 
Merupakan perluasan dari teori friksi. Teori ini menyatakan bahwa beberapa perusahaan, karena faktor-faktor seperti skala ekonomi, persyaratan modal yang tinggi, paten atau perlindungan import dapat mengembangkan posisi monopoli yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan laba diatas normal untuk periode waktu yang lebih panjang. 

c. Teori Inovasi dari Laba Ekonomi 
Laba yang di atas normal dapat timbul sebagai hasil inovasi yang berhasil. 

Contoh : 
Xerox Corporationmemperoleh tingkat pengembalian yang tinggi karena berhasil mengembangkan, memperkenalkan Dan memasarkan alat penyalinan (fotocopy) yang unggul, terus menerima tingkat pengembalian di atas normal sampai perusahaan-perusahaan lain memasuki bidang ini. 

d. Teori Kompensasi dari Laba Ekonomi 

Teori ini menyatakan bahwa tingkat pengembalian yang di atas normal semata-mata merupakan imbalan bagi perusahaan yg sangat berhasil dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, mempertahankan operasi yang efisien. 

Teori ini juga mengenali laba ekonomi sbg imbalan yg penting bagi fungsi kewirausahaan dari para pemilik atau manajer. 

Peran Laba 

Laba ekonomi memainkan peran penting dalam perekonomian berbasiskan pasar. Laba di atas normal berfungsi sebagai sinyal yang bernilai bahwa keluaran perusahaan atau industri harus ditingkatkan. Atau memberikan sinyal untuk ekspansi Dan masuk. Laba di bawah normal memberikan sinyal untuk kontraksi Dan ke luar. 

Laba memainkan peran kritis baik dalam memberikan insentif bagi inovasi Dan efisiensi produksi maupun dalam mengalokasikan sumber daya yang langka.

Comments