Langkah dalam Perancangan Database

Adapun langkah-langkah perancangan database yaitu sebagai berikut :
1. Menyiapkan rancangan database yang terinci
   Analis bekerja sama dengan pemakai dan mendokumentasikan rancangan sistem baru dengan alat yang dijelaskan dalam modul teknis. Beberapa alat memudahkan analis untuk menyiapkan dokumentasi secara top-down, dimulai dengan gambaran besar dan secara bertahap mengarah lebih terincir. Pendekatan top-down ini merupakan ciri rancangan terstruktur, dimana rancangan bergerak dari tingkat sistem ketingkat subsistem. Sistem digambarkan dengan segi empat vertikal yang berujung bulat. Tiga dari sistem ini bergubungan dengan elemen pelanggan dalam lingkungan yang digambarkan dengan segi empat horizontal. Setiap subsitem dapat didokumentasikan pada tingkat sistem yang lebih rendah lagi.
2. Mengidentifikasi berbagai alternatif konfigurasi sistem
Sekarang analis harus mengidentifikasikan konfigurasi (bukan merek atau model). Peralatan komputer yang akan memberikan hasil terbaik gai sistem untuk menyelesaikan pemrosesan. Indentifikasi merupakan suatu proses yang berurutan, dimulai dengan indentifikasi berbagai kombinasi yang dapat menyelesaikan setiap tugas.
3. Mengevaluasi berbagai alternatif konfigurasi sistem
Analis, bekerja sama dengan manager, mengevaluasi berbagai alternatif. Alternatif yang dipilih adalah yang paling memungkinkan subsistem memenuhi kriteria kinerja dengan kendala yang ada.
4. Memilih konfigurasi yang terbaik
    Analis mengevaluasi semua konfigurasi subsistem dan menyesuaikan kombinasi peralatan sehingga semua subsistem menjadi satu konfigurasi tungal. Setelah selesai, analis membuat rekomendasi kepada manajemen untuk disetujui, saat manajer menyetuji konfigurasi tersebut, persetujuan selanjutnya dilakukan oleh komite pengarah. Hasil dari proses rancangan ini adalah konfigurasi peralatan yang terbaik bagi sistem dalam mencapai tunjuannya dengan kendala yang ada. Spesifikasi sistem ini akan ditentukan secara top-down saat subsistem dilakukan dalam tahap penerapan.
5. Menyiapkan usulan penerapan
    Analis menyiapkan usulan penerapan yang mengikthisarkan tugas penerapan yang harus dilakukan, keuntungan yang diharap dan biayanya.
6. Menyetujui atau menolak penerapan sistem
     Keputusan untuk terus pada tahap penerapan ini sangat penting karena usaha ini akan sangat berpengaruh terhadap jumlah orang yang terlibat. Jika keuntungan yang diharapkan dari sistem melebihi biaya, penerapan

Comments