Pengelolaan Transfusi Darah

Pengelolaan Transfusi Darah
Definisi Pengelolaan secara bahasa menurut WJS adalah “penyelenggaraan, pengurusan, pengaturan sesuatu agar sesuatu tersebut dapat memberikan manfaat”. Pengelolaan Data menurut WJS adalah “proses pengaturan data agar data tersebut dapat memberikan arti, berupa informasi yang berguna”. Dalam hal ini data dan informasi suatu kesatuan yang berhubungan dan bekerjasama sehingga pengelolaan data ini menjadi suatu sistem pengelolaan data.

Transfusi Darah menurut WJS adalah “pemindahan darah atau pemasukan darah kepada orang yang kekurangan darah”, sedangkan orang yang memberikan darah disebut sebagai donor. Darah sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup terutama manusia, karena darah merupakan  salah satu komponen pada diri kita yang diberikan Allah Swt yang harus kita syukuri. Maka dari itu perbuatan  orang yang mau mendonorkan darahnya untuk orang yang kekurangan darah, merupakan perbuatan yang sangat terpuji.     

Dari pengertian diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Pengelolaan Transfusi Darah adalah proses penyelenggaraan, pengurusan, pengambilan darah donor yang disalurkan kepada orang yang kekurangan darah. Pengelolaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat penting, fungsi manajemen  ini merupakan salah satu faktor penentu maju mundurnya suatu organisasi atau perusahaan. Organisasi atau perusahaan dapat berkembang dan bertahan ataupun mengalami kemunduran tergantung  dari pengelolaannya.

Comments