Sistem Client / Server dan Cara Kerja

Sistem Client / Server mempunyai dua komponen utama, yaitu komputer client dan komputer server. Server merupakan induk yang melakukan pemrosesan terbanyak untuk memenuhi permintaan-permintaan dari komputer client dan bertindak sebagai server database yang menyimpan data. Tugas utama server yaitu melayani seluruh komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut.

Client yaitu komputer atau workstation yang melakukan pengiriman permintaan-permintaan data pada server kemudian menampilkan data tersebut pada interface aplikasi yang dimilikinya. Selain itu client juga mempunyai kemampuan untuk mengubah atau menghapus data.

Sistem client / server merupakan suatu sistem komputer yang melibatkan proses-proses client yang meminta suatu pelayanan data kepada komputer server. Dengan adanya kombinasi client / server ini maka kumpulan dari modul-modul program tidak dieksekusi dalam memori yang sama namun terbagi dalam  komputer client dan server.

Hal ini menjadikan konfigurasi bagi komputer client dan komputer server bias berbeda seperti kapasitas memori, HardDisk dan yang lainnya yang disesuaikan dengan fungsi kerja dari elemen-elemen tersebut.

Cara Kerja Sistem Client / Server
Sistem Client / Server berjalan setidaknya pada dua sistem komputer yang berbeda. Biasanya sebuah server melayani beberapa komputer client, walaupun mungkin ada juga yang hanya melayani 1 client saja itu yang dinamakan peer to peer atau point to point. Client merupakan sebuah komputer desktop yang terhubung ke jaringan. Apabila pemakai ingin mengakses informasi, bagian aplikasi client mengeluarkan permintaan yang dikirimkan melalui jaringan kepada server, server kemudian menjalankan permintaan dan mengirimkan informasi kembali kepada client.

Proses server berperan sebagai aplikasi yang mengelola sumber daya milik bersama seperti database, printer atau jalur komunikasi, sedangkan proses client meliputi program-program untuk mengirimkan pesan permintaan pada server serta melakukan pengaksesan pada data seperti mengedit, menghapus atau menambah data.

Comments