Apa Jenis atau Bentuk Penanaman Modal ?

Sesuai dengan Judul postingan diatas, dimana saya akan membagi informasi pendidikan yang mungkin bermanfaat buat anda tentang Jenis dan Bentuk Penanaman Modal. Berikut ini saya akan bagikan buat anda

Jenis dan Bentuk Penanaman Modal

Investasi dapat digolongkan berdasarkan aset, pengaruh, ekonomi, menurut sumber dan cara penanamannya.

Investasi berdasarkan asetnya

Investasi berdasarkan asetnya merupakan penggolongan investasi dari aspek modal atau kekayaannya. Investasi berdasarkan asetnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
Real Asset, yaitu investasi yang berwujud seperti gedung, rumah dan sebagainya
Financial Asset, yaitu investasi berupa dokumen (surat-surat) klaim tidak langsung pemegangnya terhadap aktivitas riil pihak yang menerbitkan sekuritas tersebut.

Investasi berdasarkan pengaruhnya

Investasi berdasarkan pengaruhnya merupakan investasi yang didasarkan pada faktor-faktor yang mempengaruhi atau tidak mempengaruhi kegiatan investasi. Investasi berdasarkan pengaruhnya dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Investasi Autonomos (berdiri sendiri) merupakan investasi yang tidak dipengaruhi oleh tingakat pendapatan, bersifat spekulatif. Misalnya pembelian surat-surat berharga.

2. Investasi Induced (mempengaruhi-menyebabkan) merupakan investasi yang dipengaruhi kenaikan permintaan atas barang dan jasa serta tingkat pendapatan. Misalnya penghasilan transitori, yaitu penghasilan yang didapat selain dari bekerja, seperti bunga dan sebagainya.

Investasi berdasarkan sumber pembiayaannya


Investasi ini merupakan investasi yang didasarkan pada ususl-usul investasi itu diperoleh. Dibagi dalam 2 macam, yaitu :

1. Investasi Portofolio
Investasi ini dilakukan melalui pasar modal dengan instrumen surat berharga, seperti saham dan obligasi.

2. Investasi Langsung
Investasi langsung adalah investasi aktiva tetap berwujud termasuk tanah yang digunakan untuk kegiatan usaha dan bentuk investasi dengan jalan membangun, membeli total, dan mengakuisisi perusahaan. 
 
Apakah ini bermanfaat buat anda? jangan lupa komentarnya

Comments