Beberapa Kegunaan dan Peran Peramalan

Setelah membagi arti dari sebuah peramalan yang ada pada postingan sebelumnya, tentu saat ini juga saya akan membagikan pendidikan tetang keguanaan dan peran peramalan tersebut buat pengunjung tercinta.
 
Peramalan diperlukan karena adanya perbedaan waktu antara kesadaran akan dibutuhkannya suatu kebijakan baru dengan waktu pelaksanaan kebijakan tersebut. Pola atau tingkah laku dari urutan kejadian ekonomi atau kegiatan perusahaan dan saingan di masa lalu dan sekarang, mencerminkan keadaan ekonomi atau hasil kerja perusahaan itu dan saingannya. 
 
Dalam usaha mengetahui atau melihat perkembangan di masa depan, peramalan dibutuhkan untuk menentukan kapan suatu peristiwa akan terjadi atau suatu kebutuhan akan timbul sehingga dapat dipersiapkan kebijakan atau tindakan-tindakan yang perlu dilakukan.
Beberapa Kegunaan dan Peran Peramalan

Menurut Makridakis (1999, p14-15), peranan peramalan sangat penting, baik dalam penelitian, perencanaan maupun dalam pengambilan keputusan. Baik tidaknya hasil suatu penelitian dalam ekonomi dan dunia usaha sangat ditentukan oleh ketepatan ramalan yang dibuat, oleh karena itu, ketepatan dari ramalan tersebut merupakan hal yang sangat penting. 
 
Walaupun demikian perlu disadari bahwa suatu ramalan adalah tetap ramalan, dimana selalu ada unsur kesalahannya. Sehingga yang penting diperhatikan adalah usaha untuk memperkecil kemungkinan kesalahan tersebut. Akhirnya baik tidaknya suatu ramalan sangat ditentukan oleh orang yang melakukannya, langkah-langkah peramalan yang diambil dan metode yang digunakan.

Comments