Definisi Pengertian Solar System Tata Surya

Definisi Pengertian Solar System Tata Surya - Tata surya dalam bahasa inggris disebut  solar system terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang yang mengelilinginya. Pengertian tata surya yang lain adalah kumpulan benda-benda langit dimana matahari sebagai pusatnya. Tata surya menurutilmu pengetahuan yang terbaru dikelilingi oleh delapan buah planetyang sudah diketahuidengan orbit berbentuk elips, meteor, asteroid, komet, planet-planet kerdil/katai(asteroid), dan satelit-satelit alami.

Solar system in English is called the solar system consists of a star called the sun and allthe objects that surround them. Understanding another solar system is a collection of celestialobjects where the sun as its center. The solar system according to the latest science is surrounded by eight planets of the known with elliptical orbits, meteors, asteroids, comets, dwarf planets /dwarf (asteroid), and natural satellites. Solar system in English is called the solar system consistsof a star called the sun and all the objects that surround them. Understanding another solar system is a collection of celestial bodies which the sun as its center. The solar system accordingto the latest science is surrounded by eight planets of the known with elliptical orbits, meteors,asteroids, comets, dwarf planets / dwarf (asteroid), and natural satellites.
Sidang Umum Himpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/IAU) Ke-26 di Praha, Republik Ceko, yang berakhir 25 Agustus, menghasilkan keputusan bersejarahdalam dunia astronomi dengan mengeluarkan Pluto dari daftar planet-planet di Tata Surya kita.Mulai sekarang, anggota Tata Surya hanya terdiri dari delapan planet, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.Keputusan mengeluarkan Pluto yang sudah menjadi anggota Keluarga Planet Tata Suryaselama 76 tahun merupakan konsekuensi ditetapkannya definisi baru tentang planet. Resolusi5A Sidang Umum IAU Ke-26 berisi definisi baru itu.
Dalam resolusi tersebut dinyatakan, sebuah benda langit bisa disebut planet apabilamemenuhi tiga syarat,1. yakni mengorbit Matahari,2. berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat,3. memiliki jalur orbit yang jelas dan "bersih" (tidak ada benda langit lain di orbit tersebut).Definisi tersebut adalah definisi universal pertama tentang planet sejak istilah planetdikenal di kalangan astronom, bahkan sebelum era Nicolaus Copernicus yang tahun 1543membuktikan Bumi adalah salah satu planet yang berputar mengelilingi Matahari.
Dengan definisi baru tersebut, Pluto tidak berhak menyandang nama planet karena tidak memenuhi syarat yang ketiga. Orbit Pluto memotong orbit planet Neptunus sehingga dalam perjalanannya mengelilingi Matahari, Pluto kadang berada lebih dekat dengan Mataharidibandingkan Neptunus

Comments