Faktor Mempengaruhi Strategi Targeting

Proctor dalam Kasali (2001, pp391-393) berpendapat bahwa ada beberapa faktor yang perlu mempengaruhi pemilihan strategi pasar sasaran, antara lain :

1. Tahap dalam Product Life-Cycle
Pasar sasaran umumnya harus ditinjau kembali begitu produk memasuki tahap pendewasaan. Pada tahap ini, pertumbuhan penjualan produk mulai terhenti dan ada kalanya menurun.

2. Keinginan konsumen dalam keseluruhan pasar
Pasar yang terdiri dari konsumen yang besarnya terbatas relatif dapat didekati tanpa memerlukan strategi diferensiasi pasar. Semakin kompleks struktur pasar, maka semakin mungkin melakukan diferensiasi.

3. Potensi dalam pasar
Posisi perusahaan atau produk relatif terhadap pesaing menentukan strategi sasaran.

4. Struktur dan intensitas kompetisi
Ketika suatu pasar dikerubuti oleh demikian banyak peminat, maka pemasar harus memilih pasar sasarannya secara efektif.

5. Sumber daya
Sumber daya yang dimiliki menentukan pemilihan pasar sasaran.

6. Skala ekonomis
Skala ekonomis produksi menentukan perusahaan untuk memilih pasar sasaran.

Comments