Kesalahan-Kesalahan Positioning

Kotler (1987) dalam Kasali (2001, pp543-544) menyebutkan ada empat macam kesalahan yang dapat terjadi dalam positioning, yaitu :

1. Underpositioning
Produk mengalami underpositioning jika geregetnya tidak dirasakan konsumen. Ia tidak memiliki posisi yang jelas sehingga sama saja dengan kerumunan produk lainnya di pasar.

2. Overpositioning
Adakalanya market terlalu sempit memposisikan produknya sehingga mengurangi minat konsumen yang masuk dalam segmen pasarnya.

3. Confused Positioning
Konsumen bisa mengalami keraguan karena marketer menekan terlalu banyak atribut.

4. Doubtful Positioning
Positioning ini diragukan kebenarannya karena tidak didukung bukti yang memadai.


Kerangka Berpikir

Untuk mencapai tujuan perusahaan, perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran. Untuk menetapkan strategi pemasaran, perusahaan harus mengumpulkan informasi tentang keadaan pasar yang akan dimasuki dengan melakukan analisis peluang pasar. 
Salah satu kegiatan dalam menganalisis peluang pasar adalah menentukan segmenting, targeting, dan positioning. Keputusan dalam menentukan ketiga hal tersebut sangat penting, antara segmenting, targeting, dan positioning memiliki keterkaitan yang saling bertergantungan yang kuat. Ketiganya harus dapat diputuskan dan dengan menetapkan program yang sesuai di setiap segmennya. 
Dalam penelitian ini akan menganalisis perilaku konsumen dan menentukan segmen sasarannya, kemudian mengkaji penempatan posisi (positioning) produk yang tepat. Positioning dilakukan dengan melihat bagaimana perilaku konsumen terhadap toko buku Karisma dan mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi.

Comments