Keuntungan Menggunakan Database MySQL

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (Database Managemen System) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar enam juta instalasi diseluruh dunia. Mysql AB membuat Mysql tersedia sebagai perangkat lunak garis dibwah lisensi GNU (General Public License) GPU. Tetapi mereka juga menjual dibawah lisensci komersia untuk kasus – kasus dimana penggunanaanya tidak cocok dengan penggunaan General Public Lisenci (GPL). 

Tidak sama dengan proyek-proyek Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode. Sumber dimiliki oleh penulisanya masing-masing. Mysql dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia Mysql AB, dimana memegang hak cipta hamper atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu Finlandia yang mendirikan Mysql AB adalah David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monthy” Widenius.

Keuntungan Menggunakan Database MySQL

Keuntungan Menggunakan Database MySQL adalah sebagai berikut :

1. Portability

MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi diantaranya windows, Linux, Mac X Server, HP-UX dan masi banyak lagi.

2. Open Source

MySQL didistribusikan secara gratis (Open Source ) dibawah lisensi GPL.


a. Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal inimemungkinkan database server MySQL.


b Coloum Types
MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks seperti signed atau unsigned integer, float, double, char, varchar, text, blob, date, time, datetime, timestmap, year,set dan enum.

c Command and Functions
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah select dan where dalam Query.

d Security
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail dan password.

e Scalability and Limits
MySQL dapat menangani database dalam skala besar, dengan jumlah record lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta5 miliar baris.

f. Stuktur Tabel
MySQL mewakili struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani Alter Table, dibandingkan dengan database lainnya.

Comments