Asal-Usul Konstruktivisme

Asal-Usul Konstruktivisme - Pemikiran awal konstruktivisme dikemukakan oleh Giambatissta Vico (1668–1774) seorang ahli filsafat ilmu pengetahuan pada tahun 1710 dalam De Antiquissima Italorum Sapientia, mengungkapkan “Tuhan adalah pencipta alam semesta dan manusia adalah tuan dari ciptaan”. Dijelaskan bahwa “mengetahui” berarti “mengetahui bagaimana membuat sesuatu”. 
Ini berarti bahwa seseorang baru mengetahui sesuatu jika jika ia dapat menjelaskan unsur-unsur apa yang membangun sesuatu itu. Hanya Tuhan sajalah yang dapat mengerti alam raya ini karena hanya Dia yang tahu bagaimana membuatnya dan dari apa Ia membuatnya. Sementara orang hanya dapat mengetahui sesuatu yang telah dikonstruksikannya. 
Bagi Vico, pengetahuan selalu menunjuk kepada struktur konsep yang dibentuk. Ini berbeda dengan kaum empirisme yang menyatakan bahwa pengetahuan itu harus menunjuk kepada kenyataan luar. Menurut Vico, pengetahuan tidak lepas dari orang (subjek) yang tahu. Pengetahuan me­rupakan struktur konsep dari pengamat yang berlaku. Sayangnya, menurut banyak pengamat, Vico tidak membuktikan teorinya.

Berdasarkan identifikasi “mengetahui sesuatu” dengan “membuat se­suatu”, Vico mengatakan bahwa matematika adalah cabang pengetahuan yang paling tinggi. Alasannya, dalam matematika orang menciptakan dalam pikirannya semua unsur dan aturan-aturan yang secara lengkap dipakai untuk mengerti matematika. Orang sendirilah yang menciptakan matematika, se­hingga orang dapat mengerti secara penuh. 
Sedangkan dalam pengetahuan fisika dan terlebih humaniora, manusia tidak dapat mengerti secara penuh dan hanya Tuhan yang dapat mengerti secara penuh karena Tuhanlah yang menciptakan mereka. Karena itu bagi Vico, mekanika kurang pasti daripada matematika, fisika kurang pasti daripada mekanika, dan kegiatan-­kegiatan manusiawi kurang pasti daripada fisika. Dengan cara ini Vico membedakan taraf-taraf pengetahuan manusia.

Rorty menilai konstruktivisme sebagai salah satu bentuk pragmatisme, terlebih dalam soal pengetahuan dan ke­benaran, karena hanya mementingkan bahwa suatu konsep itu berlaku atau dapat digunakan. Para konstruktivis sekarang melihat kesesuaian Vico dengan model ilmiah yang digunakan untuk menganalisis dan mengerti pengalaman fenomena baru.

Cukup lama gagasan Vico tidak diketahui orang dan seakan dipendam. Piaget menuliskan gagasan konstruktivisme dalam teori tentang perkem­bangan kognitif dan juga dalam epistemologi genetiknya Piaget mengungkap­kan teori adaptasi kognitifnya, yaitu bahwa pengetahuan kita diperoleh dari adaptasi struktur kognitif kita terhadap lingkungannya, seperti suatu organis­me harus beradaptasi dengan lingkungannya untuk dapat melanjutkan kehi­dupan. Gagasan Piaget ini lebih cepat tersebar, melebihi gagasan Vico.

Comments