Pengertian Advertising atau Periklanan

Pengertian Advertising atau Periklanan - Advertising adalah Periklanan yang mengekspresikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan dan warna yang penuh seni. 
Advertising adalah medium yang berdaya sebar luas yang memung­kinkan penjual mengulang pesan berkali-kali. iklan juga memungkinkan pembeli menerima dan membandingkan pesan dari berbagai pesaing. Periklanan berskala besar oleh seorang penjual menyiratkan hal yang positif tentang ukuran., keku­atan, dan keberhasilan penjual.

Periklanan sering diartikan sebagai komunikasi yang disponsori yang ditempatkan dalam media massa dan bayaran. Dalam pembuatan iklan, komunikasi juga sangat dibutuhkan bagi kelancaran proses penyampaian pesan.

Advertising harus mampu menjawab empat pertanyaan dalam lima tahap penyusunan rencananya, yaitu:
  • Apa yang sebenarnya hendak dicapai? Adakah tujuan sesungguhnya dari iklan itu untuk mencapai target penjualan tertentu.
  • Kapan tujuan tersebut akan dicapai? Berapa lama?
  • Apa strategi yang paling cocok untuk mencapai tujuan tersebut?
  • Taktik apa yang paling tepat untuk melaksanakannya? Apa gagasan kreatifnya.
Tujuan utama dari kegiatan periklanan adalah:
  1. Menyadarkan komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang, Jasa atau ide.
  2. Menimbulkan dalam diri komunikan suatu peraaaan suka akan barang, jasa ataupun ide yang disajikan, dengan memberikan preferensi kepadanya. 
  3. Menyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkannya untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.

Comments