Apa Definisi Komunikasi Strategis

Definisi Komunikasi Strategis 

Strategi komunikasi yang mantap memberikan koherensi bagi kegiatan program kesehatan dan membantu memperlancar kekuatan program untuk mencapai keberhasilan. Komunikasi strategis merupakan kemudi program yang akan mengarahkannya ke tujuan komunikasi strategis juga menjadi pengikat yang mempersatukan program atau visi kreatif yang memadukan berbagai aspek kegiatan program. 


Karekteristik Komunikasi Kesehatan Strategis 

Untuk mencapai komunikasi kesehatan yang strategis ada beberapa syarat yang harus dicapai, antara lain: 

1. Berorientasi pada hasil 

Bukti utama efektivitas upaya komunikasi strategis dapat terlihat dari hasil program kesehatan. Hal yang tidak kalah penting adalah peningkatan kapasitas mitra setempat untuk melaksanakan program sejenis secara mandiri. 

2. Berdasarkan ilmu pengetahuan 

Pendekatan berbasis ilmu pengetahuan dan penelitian memerlukan data yang akurat dan teori yang relevan. Semua ini diawali dengan riset formatif dan data yang cukup untuk mendefinisikan masalh kesehatan spesifik, mengidentifikasi solusi yang layak, dan menggambarkan khalayak sasaran. 

3. Berfokus pada klien 

Pendekatan yang berfokus pada klien perlu diawali dengan pemahaman dari sudut pandang klien terkait dengan apa yang dimaksud dengan kebutuhan kesehatan. Diskusi dengan khalayak sasaran memberikan pandangan tentang kebutuhan kesehatan tersebut serta hambatanuntuk memenuhi kebutuhan yag diutarakan. 

4. Partisipatif 

Komunikasi strategis mempromosikan pengambilan keputusan secara bersama oleh Stakeholder dan penerima manfaat dalam semua tahapan P-Process termasuk perencanaan, implementasi, dan evaluasi. 

5. Berorientasi pada manfaat 

Khalayak sasaran harus melihat manfaat yang jelas saat melakukan tindakan yang dipromosikan oleh upaya komunikasi. 

6. Berkaitan dengan pelayanan 

Upaya promosi kesehatan seharusnya mengidentifikasi dan mempromosikan pelayanan yang spesifik. Pendekatan ini menekankan konsep kemandirian individu atau kemampuan untuk memecahkan masalah sendiri dan juga mendukung konsep kemandirian bersama. 

7. Berbagai saluran 

Komunikasi strategis yang efektif biasanya menggunakan berbagai cara. Strategi komunikasi sering kali mengintegrasikan komunikasi interpersonal (IPC), saluran berbasis masyarakat, dan berbagai media untuk menciptakan pertukaran informasi dan ide yang dinamis dan bersifat dua arah. 

8. Berkualitas tinggi secara teknis 

Komunikator kesehatan strategis bekerja bersama lembaga dan individu yang kompeten untuk merancang pesan dan materi komunikasi berkualitas tinggi yang dirancang secara profesional. 

9. Berkaitan dengan advokasi 

Advokasi terjadi pada dua tingkatan, yaitu tingkat pribadi/sosial dan tingkat kebijakan atau program. Advokasi pribadi dan sosial terjadi ketika pihak-pihak dengan perilaku baru mengakui perubahan perilaku mereka dan mendorong anggota keluarganya untuk mengadopsi perilaku serupa. 

Comments