Perancangan Sistem dan Implementasi & System Generation (SYSGEN)

Perancangan Sistem dan Implementasi - Target untuk pengguna: sistem operasi harus nyaman digunakan, mudah dipelajari, dapat diandalkan, aman dan cepat. Target untuk sistem: sistem operasi harus gampang dirancang, diimplementasi, dan dipelihara, sebagaimana fleksibel, error, dan efisien.

Mekanisme dan Kebijaksanaan:
  1. Mekanisme menjelaskan bagaimana melakukan sesuatu kebijaksanaan memutuskan apa yang akan dilakukan. Pemisahan kebijaksanaan dari mekanisme merupakan hal yang sangat penting; ini mengizinkan fleksibilitas yang tinggi bila kebijaksanaan akan diubah nanti.
  2. Kebijaksanaan memutuskan apa yang akan dilakukan.

Pemisahan kebijaksanaan dari mekanisme merupakan hal yang sangat penting, ini mengizinkan fleksibilitas yang tinggi bila kebijaksanaan akan diubah nanti.

Implementasi Sistem biasanya menggunakan bahas assembly, sistem operasi sekarang dapat ditulis dengan menggunakan bahasa tingkat tinggi. Kode yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi: dapat dibuat dengan cepat, lebih ringkas, lebih mudah dimengerti dan didebug. Sistem operasi lebih mudah dipindahkan ke perangkat keras yang lain bila ditulis dengan bahasa tingkat tinggi.

System Generation (SYSGEN)

Sistem operasi dirancang untuk dapat dijalankan di berbagai jenis mesin, sistemnya harus di konfigurasi untuk tiap tipe komputer. Program SYSGEN mendapatkan informasi mengenai konfigurasi khusus ini dari sistem perangkat keras, ketika melakukan:
  1. Booting, yakni memulai komputer dengan me-load kernel.
  2. Bootstrap program, yakni kode yang disimpan di code ROM yang dapat menempatkan kernel, memasukkannya kedalam memori, dan memulai eksekusinya.

Pertanyaan
  1. Sebutkan lima kegiatan utama dari sistem operasi yang berhubungan dengan managemen proses!
  2. Sebutkan tiga kegiatan utama dari sistem operasi yang berhubungan dengan managemen memori utama!
  3. Sebutkan tiga kegiatan utama dari sistem operasi yang berhubungan dengan managemen secondary-storage!
  4. Sebutkan lima kegiatan utama dari sistem operasi yang berhubungan dengan managemen berkas!
  5. Jelaskan hal-hal yang termasuk dalam layanan sistem operasi
  6. Dimana letak virtual memory dalam hardware komputer

Comments