Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata

Pengelolaan Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum sebagai objek wisata meliputi peningkatan fasilitas serta sarana dan prasarana yang menunjang kelancaran aktifitas para wisatawan dengan tujuan akan menghasilkan suatu input, yaitu adanya peningkatan daya tarik Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum terhadap wisatawan. Dalam pengelolaan desa wisata tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat sekitar untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan dalam pengembangan Desa Wisata Kembangarum.

Tujuan pengelolaan Desa Wisata adalah untuk meningkatkan daya tariknya bagi wisatawan. Peran serta masyarakat sekitar untuk mengembangkan Desa Wisata sangat penting.

Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata # 1. Pengadaan Fasilitas, Sarana dan Prasarana
Peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai pada suatu objek wisata memberikan pengaruh yang tinggi terhadap daya tarik suatu objek wisata. Untuk itu pembangunan dan pengembangan fasilitas perlu dilakukan, hal ini tidak hanya menyangkut kuantitas saja tetapi juga kualitas dari fasilitas tersebut. Dalam konsep perencanaan pengembangan objek wisata, maka pengembangan fasilitas didasari oleh daya tarik suatu objek sehingga akan menghasilkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum sebagai objek wisata alam yang berbasis pendidikan memiliki sejumlah fasilitas yang mendukung, salah satunya adalah adanya artshop yang menyediaka souvenir hasil kreatifitas masyarakat Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum berupa keripik salak, kerajinan anyaman bambu, lukisan yang mereka buat sendiri, homestay.

Rambu-rambu memasuki Desa Wisata Kembangarum
Rambu-rambu memasuki Desa Wisata Kembangarum

Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata # 2. Merawat dan Melestarikan Lingkungan
Merawat, melestarikan dan penataan lingkungan, memper-tahankan keaslian lingkungan supaya menjadi daya tarik yang nantinya dapat memberikan pelayanan dan kepuasan bagi wisatawan seperti menjaga kebersihan desa wisata.

Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata # 3. Peran Aktif Masyarakat dan Keramahtamahan Masyarakat
Peran aktif masyarakat Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh, Kembangarum dalam menjaga kebersihan lingkungan desa, sebagai upaya mendukung terwujudnya lingkungan yang bersih, rapi dan nyaman. Selain itu, masyarakat juga senantiasa menyambut wisatawan dengan keramahtamahan dan memberikan kehangatan supaya tercipta suasana kekeluargaan dan keharmonisan bagi wisatawan sehingga dapat memberikan kesan dan pelayanan yang memuaskan.

Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata # 4. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
Rencana pengembangan Desa Wisata memerlukan dukungan dari berbagai pihak, seperti Dinas Pariwisata Daerah. Sumberdaya Manusia sebagai modal dasar keberhasilan pengembangan desa wisata. Pengelolaan kepariwisataan memerlukan profesionalisme di bidangnya. Dengan memberikan skill di bidang perkebunan salak seperti cara penanaman buah salak secara tidak serempak dengan tujuan wisatawan datang dalam situasi apapun baik pada musim penghujan maupun pada musim kemarau tetap ada tanaman salak yang berbuah sehingga wisatawan dapat berwisata kapan saja.

Pelatihan manajemen dan pemanduan wisata, serta memberikan pembinaan, penyuluhan tentang sadar wisata masyarakat dengan memberikan pelatihan ketrampilan dan kerajinan berbahan baku lokal seperti membuat souvenir yang mendukung pelayanan di bidang pariwisata juga merupakan salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia di Desa Wisata Perkebunan Salak Pondoh Kembangarum.

Comments